Saturday, June 10, 2023

Mengenal Simbol Lampu di Panel Indikator Truk dan Bus Hino

Mungkin kita sering memperhatikan simbol – simbol tersebut, tetapi apakah kalian tau akan arti dan maksud dari simbol tersebut bila menyala. Tentu akan sangat berbahaya bila pengemudi tidak memahami simbol tersebut pada saat mengendarai kendaraan, akibatnya kendaraan bisa rusak atau bahkan bisa berakibat kecelakaan di perjalanan. Karena itu kami akan membantu sahabat hino untuk mengenal simbol lampu di panel indikator truk dan bus hino 
Berikut daftar dan penjelasan berbagai indikator yang tertera di panel instrumen:
Tekanan Oli Mesin
Indikator tekanan oli menyala dan buzzer berbunyi ketika tekanan oli rendah atau tidak normal. Hentikan kendaraan pada tempat yang aman dan tarik tuas rem parkir untuk menghentikan suara buzzer. Kemudian periksa level oli mesin dan kebocoran oli (bila ditemukan kebocoran oli), maka segera hubungi Mekanik
Rem Parkir
Indikator rem parkir akan menyala bila tuas rem parkir ditarik ke atas atau diaktifkan. Rem parkir juga akan otomatis aktif apabila tekanan udara pada tangki rem rendah, sehingga akan terjadi pengereman secara otomatis. Karena dari itu kemungkitan terjadinya rem blong sangat kecil.
Tekanan Udara Tangki Rem
Indikator tekanan udara tangki rem menyala dan buzzer berbunyi bila tekanan udara turun dan jarum alat ukur pada spidometer berada pada posisi daerah merah. Hentikan kendaraan pada tempat yang aman dan tarik tuas rem parkir untuk menghentikan suara buzzer. Kemudian periksa ada tidaknya kebocoran pada tangki udara rem, kemudian jalankan kendaraan pada kecepatan menengah untuk menaikan tekanan udara dan segera hubungi Mekanik 
Level Pendingin Radiator
Indikator level pendingin radiator menyala dan buzzer berbunyi bila air pendingin yang berada di radiator berada dibawah level tertentu. Hentikan kendaraan pada tempat yang aman dan tarik tuas rem parkir untuk menghentikan suara buzzer. Tunggu hingga mesin dingin terlebih dahulu, kemudian buka tutup radiator dan isilah cairan pendingin radiator hingga batas yang ditentukan. Bila menemukan kebocoran pada radiator mana segera hubungi Mekanik 
Pengisian Baterai (Accu)
Indikator pengisian baterai menyala bila terjadi pengisian yang tidak benar pada sistem pengisian. Yang normal, indikator menyala ketika anda memutar kunci kontak ke posisi ON tetapi indikator akan mati ketika mesin mulai hidup dan alternator mulai mengisi baterai/ accu.
Inter Axle Differential Lock
Indikator Inter Axle Differential Lock menyala bila switch telah ditekan ke posisi ON. Inter Axle Differential Lock ini berfungsi untuk mengunci axle depan dan belakang, sebaiknya diaktifkan pada saat akan melewati jalanan (tidak rata, kasar, licin dan bersalju) untuk menjamin peforma mengemudi yang baik. Sebelum mengaktifkan switch ke ON sebaiknya kendaraan telah berhenti dengan sempurna.
ES Start (Hino Provia/ Seri 700)
Indikator ES Start menyala dan buzzer berbunyi secara otomatis ketika kunci kontak diputar ke posisi ON (menandakan kondisi normal). ES Start adalah sebuah perangkat yang berfungsi (jalanan menanjak) ketika pedal rem ditekan lebih dari 1 detik setelah kendaraan berhenti sempurna, maka kekuatan pengereman akan dipertahankan secara otomatis walaupun kaki dilepas dari pedal rem. Saat pedal kopling dilepaskan ketika akan menjalankan kendaraan, maka secara otomatis rem akan dilepaskan. Fitur ini dapat diaktifkan atau di non-aktifkan dengan menekan switch utama ES
Kuras Air Tangki Bahan Bakar
Indikator kuras air tangki bahan bakar menyala bila air yang terkandung dalam bahan bakar menumpuk pada filter bahan bakar. Bila indikator ini menyala maka parkir kendaraan anda ditempat yang aman, matikan mesin kemudian buang atau kuras air pada filter bahan bakar
PTO (Power Take Off)
Indikator PTO menyala dan buzzer berbunyi bila switch telah ditekan ke posisi ON. PTO ini hanya ada di truk dump dan mixer yang berguna untuk menaikan/ menurunkan dump atau memutar tangki molen (mixer)
Exhaust Brake/ Rem Gas Buang (Hino Ranger)
Exhaust brake pada hino ranger akan berfungsi dan lampu indikator akan menyala ketika tuas di sisi kiri roda kemudi ditarik kebawah dan kaki anda tidak menekan pedal gas serta pedal kopling. Fitur ini akan membantu untuk memperkuat daya pengereman yang ditimbulkan oleh engine brake. 
Exhaust Brake/ Rem Gas Buang (HIno Dutro)
Exhaust brake pada hino dutro akan berfungsi dan lampu indikator akan menyala ketika tuasnya ditarik kebawah dan kaki anda tidak menekan pedal gas serta pedal kopling. Fitur ini akan membantu untuk memperkuat daya pengereman yang ditimbulkan oleh engine brake. 
Check Engine
Indikator check engine menyala bila sistem bahan bakar tidak normal atau rusak, jika mesin tidak dapat dihidupkan kembali maka pindahkan kendaraan ke tempat yang aman dengan mendereknya. Kemudian segera hubungi dealer hino terdekat dilokasi anda berada.
Lampu Jarak Jauh
Indikator lampu jauh menyala bila lampu utama telah dinyalakan dan tuas pada sisi kanan roda kemudi ditekan ke bawah (High Beam) atau ketika tuas ditekan ke atas (Passing). Pada posisi passing lampu akan menyala, selama tuas dipertahankan ke atas, posisi passing digunakan untuk memberi tanda pada kedaraan di depan. Posisi passing juga dapat digunakan ketika lampu pada posisi OFF
Low Range
Indikator low range menyala bila range shift switch yang berada di tuas kopling di geser ke bawah. Gigi transmisi pada low range adalah gigi rendah ( R – C – 1 – 2 – 3 – 4 ). Pada saat switch pada posisi LOW dan kendaraan melibihi kecepatan standar maka buzzer akan berbunyi dan lampu indikator low range akan berkedip. 
High Range
Indikator high range menyala bila range shift switch yang berada di tuas kopling di geser ke atas. Gigi transmisi pada high range adalah gigi tinggi ( 5 – 6 – 7 – 8 ). Pada saat akan melakukan perpindahan dari gigi tinggi/ High Ranger ke gigi rendah/ Low Range, maka pastikan gigi sudah berada di gigi 5. Kemudian turunkan kecepatan dan RPM di 2.150 / 1.700 r/rim, lalu geser shift switch ke bawah (low range) dan ganti ke gigi 4 secara perlahan
Lampu Kabut
Indikator lampu kabut menyala bila lampu utama telah diaktifkan dan switch lampu kabut ditekan ke posisi ON. Gunakan lampu kabut pada saat pandangan buram pada jalanan berkabut dan sebagainya.
Lampu Tanda Belok atau Hazard
Indikator lampu Hazard menyala bila tuas pada sisi kiri roda kemudi di dorong kedepan. Lampu hazard ini dapat berkedip walaupun kunci kontak berberada di posisi OFF. Indicator tanda berbelok menyala bila tuas pada sisi kanan roda kemudi di geser ke atas (tanda berbelok kiri) dan di geser ke bawah (tanda berbelok kanan).
Peringatan Transmisi
Indikator peringatan transmisi menyala bila terjadi permasalahan pada sistem transmisi pada truk atau bus hino anda.Bila indikator ini menyala maka parkir kendaraan anda ditempat yang aman dan segera hubungi Mekanik
Peringatan Turbo Boost
Indikator peringatan turbo boost menyala bila tekana udara pada turbo charger terlalu tinggi. Bila indikator ini menyala disaat anda sedang mengemudikan kendaraan. Maka segera turunkan putaran mesin agar indikator tersebut mati. Tetapi hal ini bukan berarti sistem telah normal kembali. Segeralah hubungi dealer hino atau kemudikan kendaraan menuju dealer hino dengan kecepatan mesin rendah. 
Peringatan ABS (Anti - Lock Brake Sistem)
Indikator peringatan ABS menyala dan lampu alarm akan berbunyi bila terjadi permasalahan pada sistem sensor ABS. Pada saat ABS mengalami kerusakan sistem pengereman akan tetap berfungsi secara normal seperti kendaraan yang tidak memiliki ABS. Apa itu ABS (Anti – Lock Brake Sistem) ? adalah sebuah perangkat yang mendukung penghentian kendaraan pada kondisi tertentu dengan mencegah penguncian roda dan olengnya ekor kendaraan saat dilakukan pengereman secara mendadak pada jalan licin.
Peringatan ABS Trailer
Indikator peringatan ABS trailer menyala dan lampu alarm akan berbunyi bila trailer yang sudah memakai sistem ABS mengalami permasalahan. Pada saat ABS mengalami kerusakan sistem pengereman akan tetap berfungsi secara normal seperti trailer yang tidak memiliki ABS. Segera hubungi dealer hino untuk diperiksa dan diperbaiki.
Peringatan Non ABS Trailer
Indikator peringatan non ABS trailer menyala bila trailer yang dipasang tidak memiliki sistem pengereman ABS. Maka mengemudilah secara hati – hati dan apabila lampu peringatan ini menyala pada trailer yang menggunakan sistem rem ABS, segera periksa kabel coupling.

Terimakasih semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment