Saturday, August 14, 2021

LANJUTAN SISTEM PEMASUKAN UDARA

Exhaust Manifold 

Udara masuk ke ruang  pembakaran dimana udara tersebut akan dibakar. Gas hasil pembakaran keluar dari  exhaust port  dan masuk ke  exhaust manifold. Exhaust manifold dipasang pada  cylinder head  dan berada di atas  exhaust port. 
Selanjutnya mengalir menuju turbochargerr Gas buang yang panas ini keluar dari  cylinder  mengandung energi panas yang besar. Energi ini kemudian digunakan  oleh  turbine  pada  turbochargerr untuk memutarkan  compressor.
Muffler 

Dari turbochargerr, gas buang disalurkan melalui muffler dan exhaust stack. Muffler akan meredam suara dan membuat machine tidak berisik. 
Pada 777D, setelah gas buang melewati muffler, gas tersebut ada yang dilewatkan ke dump body. Setelah itu gas sisa pembakaran dilepaskan ke atmosfer. 
Sistem Aftercooled 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jenis sistem aftercooler yang digunakan pada 777D adalah separate circuit aftercooled. 

Separate Circuit After Cooled (SCAC) System

“Separate Circuit Aftercooled" atau SCAC atau sistem aftercooler rangkaian terpisah dimana pendingin udara terpisah dari sistem pendingin yang digunakan untuk mendinginkan engine (jacket water). Jacket water bekerja untuk mendinginkan engine head, engine block, oli transmissi dan lainlain. Sistem separate circuit aftercooler memiliki pompa, saluran air dan pemindah panas tersendiri. Sistem ini umumnya digunakan pada aplikasi dimana proses pendinginan udara yang maksimum diperlukan. Lebih jauh mengenai hal ini akan dibahas pada pada bagian Cooling System 

No comments:

Post a Comment