Exhaust Manifold
Udara masuk ke ruang pembakaran dimana udara tersebut akan dibakar. Gas hasil pembakaran keluar dari exhaust port dan masuk ke exhaust manifold. Exhaust manifold dipasang pada cylinder head dan berada di atas exhaust port.
Selanjutnya mengalir menuju turbochargerr Gas buang yang panas ini keluar dari cylinder mengandung energi panas yang besar. Energi ini kemudian digunakan oleh turbine pada turbochargerr untuk memutarkan compressor.
Dari turbochargerr, gas buang disalurkan melalui muffler dan exhaust stack. Muffler akan meredam suara dan membuat machine tidak berisik.
Pada 777D, setelah gas buang melewati muffler, gas tersebut ada yang dilewatkan ke dump body. Setelah itu gas sisa pembakaran dilepaskan ke atmosfer.
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jenis sistem aftercooler yang digunakan pada 777D adalah separate circuit aftercooled.
Separate Circuit After Cooled (SCAC) System
“Separate Circuit Aftercooled" atau SCAC atau sistem aftercooler rangkaian terpisah dimana pendingin udara terpisah dari sistem pendingin yang digunakan untuk mendinginkan engine (jacket water). Jacket water bekerja untuk mendinginkan engine head, engine block, oli transmissi dan lainlain. Sistem separate circuit aftercooler memiliki pompa, saluran air dan pemindah panas tersendiri. Sistem ini umumnya digunakan pada aplikasi dimana proses pendinginan udara yang maksimum diperlukan. Lebih jauh mengenai hal ini akan dibahas pada pada bagian Cooling System
No comments:
Post a Comment